Kamis, 28 Mei 2020



Mari kita simak bersama artikel Tema 9 Sub Tema  1 Pb 1 dibawah ini yaaaaa

Tentang Menjelajah Angkasa Luar :

https://bsd.pendidikan.id/data/2013/kelas_6sd/siswa/Kelas_06_SD_Tematik_9_Menjelajah_Angkasa_Luar_Siswa.pdf

Subtema 1:
Keteraturan yang Menakjubkan Pandangilah langit pada malam hari! Apa saja yang kamu lihat? Menurutmu, benda-benda apa saja yang ada di sana? Berapa banyaknya? Agar kamu dapat menjawab, ayo, kita menjelajah angkasa luar! Kita hidup di sebuah planet yang ber nama Bumi. Tahukah kamu bahwa Bumi hanya merupakan sebagian kecil dari alam semesta? Alam semesta memiliki banyak galaksi dengan bentuk yang berbeda-beda. Salah satunya adalah Galaksi Bima Sakti, tempat di mana kita tinggal. Dapatkah kamu bayangkan di mana kita berada? Coba perhatikan gambar-gambar berikut ini. Sumber: hanifweb.wordpress.com Bumi Beberapa Galaksi di Alam Semesta Sumber: kidsastronomy.com Menurutmu, di mana kah kita berada?

Dalam Galaksi Bima Sakti, terdapat benda angkasa luar yang tak terhitung banyaknya. Di sana terdapat sistem tata surya kita, tempat tinggal kita. Tata surya merupakan Matahari dan semua benda yang berputar mengelilinginya, yaitu planet; satelit alami seperti bulan; dan benda langit lainnya, seperti komet, asteroid, dan meteorit.

Matahari adalah pusat sistem tata surya. Matahari dikelilingi oleh 8 planet dan benda-benda kecil lainnya yang tak terhitung jumlahnya. Masing-masing berada pada garis edar berbentuk elips yang disebut orbit. Selama tetap berada di orbitnya, planet-planet tersebut tidak akan saling bertabrakan. Kedelapan planet tersebut adalah Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. Setiap planet berputar pada porosnya. Hal ini yang disebut rotasi. Kamu masih ingat rotasi bumi, bukan? Coba jelaskan.

Setiap planet juga berputar mengelilingi Matahari. Disebut apakah gerakan itu? Perhatikan gambar sistem tata surya di atas. Di manakah Bumi? Beri nama semua planet sesuai urutannya dari yang terdekat dengan Matahari hingga yang terjauh.

Untuk mengetahui lebih banyak tentang angkasa luar, perhatikan tabel berikut! Pada tabel berikut ini hanya ada sedikit informasi tentang beberapa benda angkasa luar.
No. Benda angkasa luar Kondisi
1. Matahari Matahari memiliki cahaya sendiri. Matahari sangat panas.
2. Bulan Di Bulan, sepanjang hari langit berwarna hitam. Di Bulan juga tidak ada suara karena di Bulan tidak ada udara. Permukaan Bulan berdebu.
3. Planet Merkurius Planet Merkurius merupakan planet yang terdekat dengan Matahari. Tidak ada oksigen dan karbon dioksida. Serta, memiliki kawah-kawah yang dalam.
4. Planet Mars Planet Mars memiliki air yang membeku di ujung bagian utaranya, mirip dengan kutub di Bumi. Permukaannya bergerigi, penuh dengan angin kencang, dan badai debu yang dahsyat. Angin menyapu debu ke seluruh planet sehingga membuat warnanya menjadi merah. Itulah sebabnya Mars disebut Planet Merah.


(Lebih detailnya.... yuk simak bersama Buku Digital pada Link di atas dan youtube channel di atas yaaa )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  WAKAF CINTA By : Yudi Aries Dingin semilir angin malam menusuk kolbu Impianku dalam kerinduan yang teramat dalam Nyanyian damai te...